Saracen Faris AD 1050-1250 (Warrior)

See this

Nama saya ada di http://www.goodreads.com! Uhuy! Ksatria Muslim dalam Perang Salib ini adalah buku terbitan Kepustakaan Populer Gramedia yang saya terjemahkan tahun 2010. Ringkasan isi bukunya adalah sebagai berikut :

“Timur Tengah antara tahun 1050 dan 1250M menghadapi berbagai tantangan, antara lain serangan Pasukan Salib Eropa dari barat dan Mongol dari timur, juga perebutan kekuasaan antara berbagai negara Islam dan berbagai suku. Zaman konflik itu membuat budaya militer Timur Tengah berkembang, menghasilkan kelas prajurit profesional yang dikenal dengan sebutan faris, yang berarti “penunggang kuda”. Namun seorang faris bukan sekadar prajurit berkuda. Keahlian faris juga mencakup penggunaan berbagai senjata, taktik, hingga kode kehormatan. Dalam banyak hal tradisi militer dunia Islam masa itu lebih maju daripada Eropa.

Dalam buku ini, tersaji profil prajurit dan pasukan elite Muslim zaman pertengahan, berikut rincian persenjataan, siasat, organisasi, pelatihan, hingga kehidupan sehari-hari mereka. Ditunjukkan pula bagaimana beraneka keahlian militer dari berbagai suku – Arab, Turki, Kurdi, dan lainnya – saling melengkapi sehingga menghasilkan laskar yang mendukung keberhasilan militer para panglima Muslim terkemuka zaman itu, misalnya Shalahuddin Ayyubi.”

Happy reading!

Advertisements
1 comment
  1. Sempat pegang buku ini… trus ditaruh lagi… Asli gak nyadar kalo yang nerjemahin Pat. Yah, kapan2 deh ya kl ke toko buku beli buku ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: