Anjing menggigit kodok (kemudian mulutnya berbusa)

Hari itu hari sabtu,

kira-kira waktunya tengah malam menuju minggu pagi-pagi buta.

Saya baru pulang ke rumah di cinere dan seperti yang biasanya saya lakukan ketika baru menapakkan kaki ke dalam rumah, saya pasti menuju garasi dan menaruh sepatu pergi saya kemudian menggantinya dengan sendal rumah. Lalu seperti biasanya juga, kedua anjing sosis saya pasti mengikuti saya masuk ke garasi dan mereka mulai menelusuri setiap pojokan sambil mengendus membaui tikus, kecoa, atau makhluk hidup apapun yang mungkin ada di ruangan itu.

Malam itu tidak ada tikus maupun kecoa, tapi ada kodok. Ya, seekor kodok sedang berdiam di suatu sudut garasi. Seperti layaknya anjing sosis yang usil dan penasaran, kedua anjing saya mulai membaui kodok tersebut. Kodok tersebut hanya diam. Saya tahu, adegan selanjutnya yang pasti akan terjadi adalah anjing saya akan menyenggol kodok tersebut dengan kaki, dan ketika kodok itu bergerak, mereka pasti akan menggigitnya.

Awalnya sih, saya merasa kasihan pada kodok itu jika dia mati sia-sia di gigitan anjing. Saya, yang saat itu menggendong tas seberat koper orang yang sehabis berjalan-jalan ke luar kota selama seminggu, agak kewalahan kalau harus memegang anjing dan mengusir kodok, jadi saya minta bantuan salah satu orang rumah untuk mengusir kodoknya sementara saya memegang anjing saya yang nakal luar biasa. Mungkin seperti layaknya manusia, semakin dilarang malah semakin ingin tahu, ketika saya pegang, anjing saya malah semakin berontak dan ingin mencaplok si kodok.

Karena tas yang saya gendong merosot ke lengan, jadilah pegangan saya terlepas dan HAP! Anjing saya mencaplok si kodok. Untungnya belum sempat dikunyah lebih lanjut, caplokan itu berhasil dilepas oleh orang rumah. Ketika satu anjing sudah berhasil dipegang, anjing saya yang satunya (yang lebih penakut dan sebenarnya tidak akan bertindak kalau tidak dipanas-panasi) mengikuti jejak temannya dengan turut serta mencaplok si kodok. Untung caplokannya (sepertinya) tidak kuat, dapat juga langsung berhasil dilepas.

Saya pikir ceritanya berhenti sampai di situ. Kodok berhasil pergi, anjing saya diam, saya bisa segera masuk ke dalam kamar dan tidur. tapi ternyata tidak begitu. tidak lama setelah itu, saya memerhatikan kedua anjing saya seperti mengunyah sesuatu. Saya kira mereka berhasil mendapatkan sebagian organ si kodok, tapi kata orang rumah saya, kodoknya berhasil pergi dengan badan utuh. Setelah saya perhatikan lebih lanjut, dari kedua mulut anjing saya keluar busa.

Dengan cukup panik saya membawa kedua anjing saya ke wastafel dan segera mencuci mulutnya dengan air mengalir sekitar 2-3 kali karena kalau cuma sekali busanya kembali muncul. Setelah itu saya berikan mereka minum susu (berhubung yang ada di rumah cuma susu bear brand, jadi saya kasih susu itu). Untung susu itu rasanya enak ya (pantesan para pria doyan. *loh*), mereka langsung minum sampai habis.

Besoknya anjing-anjing ini sudah beraktivitas seperti biasa (baca : berlarian dan loncat sana sini).

Karena penasaran, saya barusan mencari di internet mengenai fenomena mulut berbusa setelah menggigit kodok, hasilnya ternyata ada!! Seperti yang dikutip dari situs web http://www.anjingkita.com, ternyata kulit kodok itu memiliki racun yang akan keluar begitu ada sesuatu yang menggigit mereka. Untungnya, anjing memiliki pertahanan tubuh yang bagus yang akan mendeteksi racun pada syaraf di mulutnya. Otak anjing langsung memerintahkan kelenjar ludah untuk menghasilkan ludah lebih banyak yang gunanya membilas racun yang masuk ke mulut agar tidak masuk ke pencernaan atau agar daya rusak racun berkurang. Setelah kena racun kodok, biasanya anjing akan memakan rumput supaya muntah. Atau bisa juga dibantu dengan memberikan susu dicampur norit. Untungnya lagi, kodok di sekitar kita adalah kodok biasa yang racunnya tidak mematikan. (double fiuh!!)

Si duo nakal

Advertisements
12 comments
  1. Marcia said:

    lucu banget sis anjingnyaa…. aq jg punya anjing sosis umurnya baru 1 tahun,cowo warna coklat kemerahan. Hehe

    • Wah sama dong! 😀 Yang ukurannya mini apa normal? Yang mini lucu kayak tikus hihi….

  2. Fanny said:

    Untung banget ketemu page ini abis searching google. Anjingku baru aja mulutnya berbusa abis nangkep kodok abis kasi susu uda mendingan si. Thx banget buat infonya. Semoga dogi ga knp2. -.-

  3. Xp said:

    Iya sama ini thq info nya anjing ku jg br gigit kodok dan mulut nya berbusa mpe panik. Sebelum kasi susu tadi mulut na masi melet2 trus.. Bis aq kasi susu skrg uda biasa aja.. Thx yaaa info nya membantu banget

  4. federicka said:

    barusan anjing shihtzu saya juga mengigit kodok, lalu mulutnya berbusa langsung saya cuci dan kasih susu, padahal saya udah nangis2 takut keracunan atau buta, huff untung aja.. saya langsung searching tentang ini, ternyata bukan anjing saya aja yang nakal suka gigit apapun yang bergerak..

    • wah, senang bisa membantu! iya anjingku suka banget ngegigit makhluk2 kecil, bawaannya pengen bunuh kayaknya haha… semoga nggak bandel lagi ya shihtzunya. 🙂

  5. Barong said:

    Thanks sharenya,minipinscer ku berbusa mulutnya habis gigit kodok, awalnya aku sempat khawatir..pas cari info Untung ketemu artikel ini, malahan nggak sempet kasih susu segala anjingku ttp beraktivitas normal sampai efek racunnya hilang..ternyata anjing punya antibodi untuk racun dilevel itu.

  6. Itta said:

    Aku baru dpt pengalaman itu, entah darimana kodok itu datang anjingku menggigitnya dan mulutnya langsung berbusa..aku tlp dokter hewan ga ada yg ngangkat subuh2 aku kasih susu..sambil nangis2..mudah2an ga apa2 keliatannya abis muntah udh mulai main lagi

    • anjing memang suka penasaran sama makhluk-makhluk di sekitar, jadi mesti dijaga juga. 😀 Moga-moga udah sembuh yaa doggynya.

  7. Tya Gunawan said:

    Anjingku kemungkinan baru gigit kodok, tapi mulutnya ga berbusa cm muntah aja, terus dikasi makan ga mau.. tapi aku coba kasi susu abis banyak.. kira” klo ga berbusa gt gmana yaa? Ada info. Makasiii

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: