Juice for a Day: Pakchoy + Bayam Merah + Apel

Beberapa waktu lalu saya sempat bertemu dengan Kushandari Arfanidewi, pemilik katering Ays Healthy As Can Be yang akrab dipanggil Ay, untuk wawancara urusan pekerjaan yang topiknya berhubungan dengan balanced diet, mayo diet, dan clean eating. Bagi saya, pertemuan dengan Ay ini sangat menyenangkan. Dia tidak segan untuk membagikan ilmunya, apalagi setelah saya memberi tahu dia kalau saya sedang mulai untuk semakin aware dengan apa yang masuk ke dalam tubuh.

Saat pertemuan itu, Ay berbagi resep untuk membuat green juice yang enak. Mendengar kata green juice, atau jus sayur, pasti kebanyakan dari kita akan merenggut kan? Memangnya sayur enak dibikin jus? Apparently, the answer is absolutely yes! Jadi, begini persentasenya:

  1. Sayuran 70%
  2. Buah 30%
  3. Air kelapa secukupnya (hanya bila perlu saja, untuk pemanis)

Buat para pemula seperti kita, ternyata ada sayuran yang ketika dijus itu rasanya tetap manis, seperti bayam merah dan pakchoy. Jadi, waktu ke supermarket saya langsung deh memilih bayam merah, pakchoy, dan apel untuk komposisi bikin jus.

Karena ini merupakan pengalaman pertama saya membuat green juice, tentu saja saya penasaran dengan rasa masing-masing bahan baku. Setelah dicoba, ternyata bayam merah dan pakchoy mempunyai rasa yang mirip seperti apel. Seriously! Bedanya ya pasti rasa apel lebih manis dari kedua sayur ini, dan ada sedikit rasa pahit di pakchoy.

Tadinya saya ingin mencampur jus ini dengan air kepala, tapi ternyata apelnya sudah cukup memberi rasa manis. Ingin mencoba? Yuk!

dsc01123

Bahan:

  1. Bayam merah
  2. Pakchoy
  3. Apel

Cara membuat: saya membuat jus ini menggunakan blender, jadi pertama semua sayuran dipotong kecil-kecil dulu, lalu di-blend hingga menjadi puree. Tambahkan air matang jika terlalu kering. Hasilnya diperas dengan kain saring dan tuang ke dalam gelas.

*cheers*

Leave a Reply

