Singapore to Kuala Lumpur by Train or Bus

Sebagai anak perempuan yang mempunyai bapak berbintang Virgo, dari kecil saya sudah dibiasakan untuk selalu tepat waktu di segala kesempatan (meskipun istilah fashionably late tetap berlaku untuk saat-saat tertentu, karena saya bukan Virgo). Makanya, saya cukup kaget waktu telat ketinggalan kereta saat mau beralih dari Singapura menuju Kuala Lumpur. Pertama kali dalam hidup.

Jadi, gimana caranya untuk pergi dari Singapura ke Kuala Lumpur menggunakan kereta? Pertama-tama yang harus diketahui, rute keberangkatan dari Singapura ke Kuala lumpur adalah sebagai berikut:

Woodlands Train Checkpoint (Singapura) – JB Sentral (Malaysia) – Kuala Lumpur (Malaysia)

Woodlands Train Checkpoint (Singapura) – JB Sentral (Malaysia)

Ada dua cara untuk menuju JB Sentral dari Woodlands Train Checkpoint:

  1. Shuttle Tebrau: kereta transit baru yang hanya butuh waktu 5 menit perjalanan saja
  2. Shuttle Bus: butuh waktu sekitar 15-20 menit
Screen Shot 2016-03-07 at 9.18.54 PM.png

KTMB online ticket website

Karena tanggal keberangkatan menuju Kuala Lumpur sudah pasti, saya membeli tiket Shuttle Tebrau di situs resmi Keretapi Tanah Melayu Berhad (KTMB) yang ada di sini. KTMB ini milik Malaysia, dan beroperasi mulai dari Woodlands Train Checkpoint ke seluruh wilayah di Malaysia. Tinggal daftar, lalu cari jadwal keberangkatan dan bayar tiket menggunakan kartu kredit. Waktu itu saya beli dengan harga MYR16/orang + biaya kartu kredit MYR4 per transaksi.

Dari Singapura sebenarnya ada beberapa stasiun MRT yang bisa dilalui kalau mau pergi ke Woodlands Train Checkpoint, tapi waktu itu saya memilih stasiun MRT Woodlands. Jadi, dari tempat menginap di wilayah downtown saya berangkat menuju Stasiun MRT Woodlands. Sampai di stasiun MRT Woodlands, saya turun satu lantai menuju terminal bus untuk pergi ke Woodlands Train Checkpoint.

Ada cukup banyak bus yang bisa dipilih untuk ke Woodlands Train Checkpoint: 911, 912, 913, 856, 903. Saya lupa tarifnya berapa karena menggunakan kartu Transitlink. Oh iya, jangan lupa perjalanannya cukup memakan waktu. Saya hitung kurang lebih sekitar 15 menit karena bus berhenti di beberapa bus stop.

Sesampainya di Woodlands Train Checkpoint, saya naik ke lantai dua menuju pintu masuk ke Shuttle Tebrau. Tapiiiiiiii, karena telat (akibat nggak memperhitungkan perjalanan naik bus ke Woodlands Train Checkpoint yang cukup lama), akhirnya saya ketinggalan kereta. Untuk mengejar kereta dari JB Sentral ke Kuala Lumpur yang hanya berselang 40 menit dari sejak Shuttle Tebrau berangkat, akhirnya saya naik shuttle bus.

Untuk menuju shuttle bus, masuk ke dalam gedung Woodlands Train Checkpoint lalu naik ke lantai dua. Pertama-tama kita akan diarahkan ke pintu menuju Shuttle Tebrau. Di depan pintu menuju Shuttle Tebrau ada lorong ke kanan, ambil jalan tersebut ikuti saja nanti akan langsung diarahkan menuju shuttle bus. Harga busnya saya lupa karena (lagi-lagi) memakai kartu Transitlink.

Screen Shot 2016-03-09 at 6.34.44 PM.png

Shuttle bus menuju JB Sentral

JB Sentral (Malaysia) – Larkin (Malaysia)

Usaha untuk mengejar kereta menuju Kuala Lumpur ternyata gagal karena saya telat 5 menit untuk sampai di pintu masuk menuju kereta! By the way, sebelumnya saya juga sudah memesan tiket kereta dari JB Sentral ke Kuala Lumpur terlebih dahulu di situs KTMB yang saya sebutkan di atas. Kalau lancar naik kereta, dari JB Sentral kita akan langsung diarahkan menuju KL Sentral.

Karena malas harus menunggu sekitar 8 jam untuk kereta selanjutnya, akhirnya saya memutuskan untuk naik bus dari JB Sentral. Ternyata, nggak ada bus yang berangkat langsung dari JB Sentral menuju Kuala Lumpur. Jadi, saya harus naik bus lagi dulu dari JB Sentral menuju Larkin. Caranya bisa tanya-tanya petugas di sana, mereka memberikan informasi yang cukup jelas. Biaya untuk naik busnya MYR1,7/orang. Perjalanan dari JB Sentral menuju Larkin tidak terlalu lama, kalau nggak salah sekitar 15-20 menit juga.

Larkin (Malaysia) – Terminal Bersepadu Selatan Kuala Lumpur (Malaysia)

Screen Shot 2016-03-09 at 6.35.27 PM.png

Bersiap naik bus di Larkin

Begitu turun bus di Larkin, saya disambut oleh orang-orang yang menawarkan jasa bus. Karena nggak tahu sebaiknya naik bus yang mana, saya memercayakannya kepada salah satu orang di sana dan mendapatkan harga tiket bus MYR40/orang. Durasi perjalanan dari Larkin menuju Kuala Lumpur sekitar 4 jam.

Bus dari Larkin menuju Kuala Lumpur nggak berhenti di KL Sentral seperti halnya kereta, melainkan di Terminal Bersepadu Selatan, yang lokasinya agak ke selatan Kuala Lumpur. Tapi sebenarnya sama saja kok, tinggal lihat map kereta Kuala Lumpur dari terminal mau pergi ke daerah mana.

Screen Shot 2016-03-09 at 6.36.14 PM.png

Terminal Bersepadu Selatan di Kuala Lumpur

Walaupun agak penuh drama akibat ketinggalan kereta, saya dan suami bisa tiba sesuai jadwal di Kuala Lumpur. Yeay!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: